CVR Lion Air ditemukan

cockpit voice recorder (cvr) bangkai pesawat lion air dan jatuh di perairan pantai segara sebelah barat landasan pacu bandar udara internasional ngurah rai, kuta, bali akhirnya berhasil ditemukan setelah selama dua hari dilakukan pencarian.

petugas yang berhasil mendapatkan data perekam percakapan dalam pesawat tersebut adalah letnan Salah satu, rendi daniel (26), daripada denzipur kodam udayana, kabupaten gianyar yang dibantu oleh teknisi lion air, ramos octavio.

saya berada selama bawah permukaan air selama kira-kira 30 menit dalam kedalaman dua meter sampai mendapatkan `cvr` itu, ujar rendi terhadap wartawan pada emergency operations center bandar udara internasional ngurah rai, senin malam.

cvr tersebut berada di keadaan dan terjepit karang yang banyak di bawah laut.

Informasi Lainnya:

menurut dia, pihaknya sempat mengalami kendala karena kapasitas oksigen dan sedikit yaitu hanya cuma 1.100 psi dengan daya tahan 15 menit daripada kapasitas seharusnya bila penuh kurang lebih 3.000 psi melalui 30-45 menit.

meski itulah, mengingat berada dalam kedalaman dua meter, para penyelam masih mampu naik ke permukaan agar menghirup oksigen.

sementara tersebut, ketua tim emergency operation center (eoc), purwanto, menambahkan, proses pengambilan `cvr`, pas dengan skenario awal yaitu melalui mempergunakan `crane setinggi 20 meter dengan berat kurang lebih 35 ton untuk mengangkat ekor pesawat.

pengangkatan ini mesti cermat karena kita mesti mengatur arus penerbangan yang naik berkurang di landasan. mengingat, `crane` dan digunakan setinggi 20 meter, ujarnya.

usai `cvr` ditemukan, pihaknya hendak memberikan kepada pihak komite nasional keselamatan transportasi (knkt), dan diwakili oleh masruri, kepala sub-komunikasi penelitian kecelakaan transportasi (pkt) knkt.

nantinya, usai diserahterimakan, `cvr` hendak segera diberangkatkan ke jakarta, agar selanjutnya diteliti oleh tim knkt.

sementara tersebut agar proses evakuasi badan pesawat, baru menggunakan skenario awal melalui pemotongan menjadi pilihan pihak.