Uni Afrika rayakan HUT ke-50

para pemimpin negara-negara afrika merayakan ulang tahun ke-50 blok selama benua tersebut, seraya mengesampingkan dahulu rentetan masalah agar merayakan kemajuan dan sudah dicapai dengan negara-negara afrika.

kepala uni afrika dan serta perdana menteri ethiopia hailemariam desalegn dalam pidato pembukaannya menyatakan selebrasi ini mau melihat ke depan supaya memesan kebebasan daripada kemiskinan dan konflik, juga negara afrika dan rakyatnya menikmati status berpenghasilan menengah,.

sebanyak 54 anggota uni afrika tersebut adalah penerus dari organisasi uni afrika (oau), dan didirikan ketika hari-hari perayaan mencari kemerdekaan dari waktu kolonial pada benua tersebut selama 1963.

ketika kaum pendahulu kita berhadapan untuk formasi di oau ketika kemerdekaan 50 tahun dan lalu, itu menandai pertemuan kita disini dimana afrika selalu tambah besar, kata hailemariam.

Informasi Lainnya:

para pemimpin menyatakan perayaan tersebut ingin meningkatkan aksi untuk mendukung persatuan afrika.

ketika kita berbicara tentang Jalan keluar afrika untuk masalah afrika, hal tersebut sebab kita hapal bahwa kita dapat meredam senjata selamanya, jika kita bergerak pada persaudaraan serta solidaritas, tutur kepala komisi au nkosazana dlamini-zuma.

kami berkomitmen supaya menghormati perayaan bersejarah ini melalui perayaan yang berkesan, yang melintasi dunia serta mempunyai kejayaan dan awet, katanya.

para pemimpin negaa afrika bergabung melalui sekretaris jenderal pbb ban ki-moon, presiden brazil dilma rousseff juga menteri luar negeri john kerry, tetapi presiden prancis francois hollande juga wakil perdana menteri china wang yang diperkirakan mau menyusul supaya mengunjungi perayaan.

sekelompok massa menari agar drama musikal di depan 10 ribu tamu selama ruang raksasa selama ibu kota ethiopia.

indikator pembangunan selama benua tersebut --termasuk kesehatan, pendidikan, kematian bayi, pertumbuhan ekonomi juga demokrasi -- sudah meningkat secara stabil selama kurun 50 tahun terakhir.

afrika merupakan rumah supaya perekonomian dan tumbuh pesat di dunia berdasarkan data imf, juga sudah bagus ada investasi asing di pilihan tahun terakhir.

pada saat dan sama, 24 dari 25 negara berada di bawah indeks pembangunan manusia pbb, dan pertemuan berikutnya mau membahas krisis dan ingin dihadapi benua itu.